Peluang Usaha Terbaru dan Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil untung besar

Data Grosir & DIstributor Lengkap

PUSAT GROSIR DISTRIBUTOR KULAKAN

Monday 12 August 2013

peluang usaha ( pusat grosir pakaian batik )

beberapa area di indonesia memanglah memiliki batik masing-masing. masing-masing batik yang dihasilkan memiliki perbedaan didalam teknik dan juga motif. namun demikian, masing-masing batik yang dibikin memiliki filosofi tersendiri, cocok dengan budaya di area masing-masing.



batik solo
batik solo yakni diantara batik jawa yang sangat popular. batik solo adalah lambang dari warisan kesenian budaya jawa yang dikuasai dengan turun temurun.

batik solo terdiri atas bermacam batik yang cocok dengan filosofis hidup orang jawa yang beragam jenis. motif-motif yang digambarkan didalam batik solo sarat bisa makna.

batik solo banyak dipengaruhi oleh budaya dan kepercayaan leluhur mereka yang berdasar animisme, hindu, dan budha. motifnya condong ke motif pewayangan, hewan, tumbuhan, dan wujud kerajinan yang lain. batik solo umumnya adalah batik cap.

batik pekalongan
tidak cuma batik solo, ada juga batik pekalongan. cocok namanya, batik ini datang dari pekalongan. pekalongan adalah diantara kota di jateng yang popular dengan produksi batiknya setelah solo.

sama halnya dengan batik solo, batik pekalongan adalah batik cap. motif pada batik pekalongan bermacam jenis. umumnya, filosofi yang ada didalam batik pekalongan dipengaruhi oleh letak geografisnya.

batik yogya
batik yang lain yang popular dari pulau jawa yakni batik yogya. berbeda dengan batik solo dan pekalongan, batik yogya umumnya yakni batik tulis. maka, wajar saja apabila sistem pembuatannya konsumsi waktu yang lama dan nilai ekonomisnya lebih tinggi.

harga batik yogya relatif lebih mahal dibanding batik solo dan pekalongan. motif pada batik yogya memiliki kemiripan dengan batik solo. motif khasnya yaitu berupa manusia, hewan, burung, dan seterusnya.

ciri khas batik yogya, yaitu penggunaan kain basic berwarna putih atau hitam. jenis hias geometrisnya terdiri atas garis miring, garis silang, kawung, hingga anyaman.

tetapi jenis hiasan simbolisnya terdiri atas motif sawat, meru, naga, atau lidah api. berbagai jenis hias pada batik yogya dipengaruhi oleh filosofi kepercayaan hindu-jawa. perumpamaannya, sawat melambangkan angin dan dunia atas, tetapi lidah api melambangkan nyala atau geni.

batik besurek
di luar jawa, indonesia memiliki batik lain bernama batik besurek. batik besurek adalah batik khas bengkulu. nama “besurek” diambil dari bhs setempat yang berarti “bertulisan”.

tentang itu mengisyaratkan bahwa batik besurek adalah batik yang motifnya berupa catatan. catatan sebagai motif didalam batik besurek yakni kaligrafi arab. menurut sejarahnya, batik besurek ini dibawa oleh pedagang arab-india pada abad ke-17.

namun saat ini ini, motif batik besurek tidak terbatas pada penulisan kaligrafi arab. motifnya lebih bermacam, layaknya wujud yang sama kaligrafi arab atau wujud bunga raflesia arnoldi sebagai ciri khas bengkulu. motif yang lain pada batik besurek yakni motif burung, paku, dan rembulan.

batik aceh
batik yang lain dari tanah sumatra, yaitu batik aceh. batik yang datang dari area amat barat indonesia ini memiliki motif khas yang membedakannya dari batik jawa.

unsur yang amat lekat didalam batik aceh yakni unsur alam dan budaya aceh. warna-warna batik aceh condong berani, layaknya merah menyala, kuning, hingga hijau terang.

motif yang digambarkan di dalam batik aceh cocok dengan filosofi hidup yang dianut penduduk aceh. perumpamaannya, motif pintu di dalam batik aceh bermakna bahwa orang aceh tidak mudah terbuka pada orang asing, namun terus ramah didalam berlaku.

motif yang lain didalam batik aceh, salah satunya motif tolak angin, bungong jeumpa, rencong, awan berarak, dan gayo. motif pada batik aceh banyak dipengaruhi oleh budaya islam.

batik kalimantan
tetapi batik yang lain, yaitu batik kalimantan. batik yang datang dari pulau borneo ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dari batik khas jawa dan sumatra.

masing-masing area di kalimantan juga memiliki nama berbeda. di kalimantan selatan dikenal batik sasirangan. tetapi di kalimantan tengah dikenal batik benang bintik.

motif pada batik kalimantan bermacam jenis. warna yang disediakan lantas lebih bermacam dibanding batik jawa yang condong terpaku pada hitam, putih, atau cokelat.

motif yang digunakan didalam batik kalimantan umumnya yakni motif batang garing ( simbol penduduk dayak ), mandau ( senjata suku dayak ), burung enggang, dan balangga.

tersebut berbagai type batik indonesia. keanekaragaman motif, corak, dan asal pembuatannya perlihatkan bahwa batik adalah budaya indonesia yang butuh dilestarikan.

sekarang ini waktunya, kita sebagai penduduk indonesia perlihatkan rasa bangga dengan identitas budaya indonesia tersebut. dikarenakan, batik sebagai kekayaan bangsa tidak lagi dulu dikira sebagai kebudayaan bangsa lain.

peluang usaha ( pusat grosir pakaian batik ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Peluang Usaha

0 comments:

Post a Comment

Arsip Bisnis Terbaru